Mengenal Tegal Panjang Gunung Papandayan

Untuk anda yang belum tahu tentang Tegal Panjang, saya akan cerita sedikit yang saya ketahui tentangnya. Tegal Panjang berlokasi di Garut Jawa Barat, termasuk dalam kawasan Gunung Papandayan. Tegal Panjang adalah sebuah kawasan padang rumput yang luas yang berada di tengah-tengah hutan belantara Gunung Papandayan. Dan sampai sekarang, wilayah ini masih menjadi pertanyaan bagi warga sekitar dan para pecinta alam. Banyak berkata bahwa Tegal Panjang adalah wilayah konservasi, yang artinya wilayah yang dilindungi dan hanya boleh dikunjungi untuk keperluan penelitian. Tetapi sebagian berkata kalau penduduk sekitar terlalu memanfaatkan wilayah ini seperti melakukan beberapa pemungutan liar. Sedangkan dari pihak Gunung Papandayan sendiri melarang adanya pendaki/pecinta alam yang hendak ke Tegal Panjang. Tetapi pihak Gunung Papandayan justu menyiapkan Guide/Ranger yang siap mengantar anda ke Tegal Panjang. Aneh! Sebaiknya bagaimana menurut anda jika anda melihat beberapa foto yang saya ambil pada saat saya berhasil memasuki wilayah Tegal Panjang. 

Itu adalah sedikit gambar yang saya ambil ketik berada di Tegal Panjang. Team saya yang berjumlah 8 orang memasuki wilayah Tegal Panjang melalui daerah Pengalengan, Bandung. Tepatnya di Desa Sedep, Desa terakhir yang terletak di kaki gunung Papandayan. Dari sana hanya membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 jam perjalanan menyusuri perkebunan teh milik warga dan hutan rimba yang sepertinya memang jarang sekali dilewati orang. Sedangkan info yang saya dapat, kalau melalui Gunung Papandayan, akan dibutuhkan waktu sekitar 5 – 6 jam perjalanan untuk sampai ke Tegal Panjang.

Dan untuk kamu yang ingin sekali kesana, kalian bisa mencoba melalui jalur Pengalengan ini. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah, bahwa kalian tetap harus minta izin dari kepala warga di desa Sedep ini. Dan sedikit info untuk kamu, setelah saya cek melalui aplikasi SmartPhone, suhu disana ketika menjelang pagi, antara pukul 02.00 bisa mencapai 5° celcius.

Dan sekali lagi, tempat indah bukan untuk diperebutkan atau dipermasalahkan, tetapi disyukuri apa yang telah kita dapat secara cuma-cuma ini. Hanya tinggal bagaimana kita menjaga kelestariannya saya. Dan semua harus datang dari pengertian pribadi masing-masing.

Posting Komentar untuk "Mengenal Tegal Panjang Gunung Papandayan"

Berlangganan via Email